Friday, August 21, 2009

Teh Hijau Efektifkan Antibiotik Tiga Kali Lipat


Teh hijau adalah minuman yang sudah dikenal sejak lama dan merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Mesir. Diperkirakan, banyak masyarakat Mesir meminum teh hijau saat mengonsumsi antibiotik. Kini, para peneliti ingin mengetahui apakah teh hijau dapat mengurangi atau meningkatkan efek kerja antibiotik, atau malah tidak berpengaruh sama sekali.

Yang mengejutkan, menurut studi yang hasilnya dipresentasikan pada pertemuan "Society for General Microbiology" di Edinburgh, Skotlandia, beberapa waktu lalu, teh hijau ternyata dapat membuat antibiotik menjadi lebih efektif tiga kali lipat melawan bakteri yang telah resisten ataupun bakteri super sekalipun.

“Kami melakukan penelitian tentang kombinasi teh hijau dengan antibiotik terhadap 28 penyakit yang disebabkan dua kelas mikroorganisme,” kata Mervat Kaseem, peneliti dari fakultas farmasi, Universitas Alexandria, Mesir. “Di dalam setiap kasus, teh hijau meningkatkan aktivitas antibiotik membunuh bakteri. Contohnya, efek membunuh bakteri kloramfenikol 99,99 persen lebih baik saat dikonsumsi menggunakan teh hijau dibandingkan diminum tanpa teh hijau.”

Kaseem dan koleganya juga menemukan bahwa 20 persen bakteri resisten, rentan dengan antibiotik sefalosporin. Menurut peneliti, hampir pada setiap kasus dan semua tipe antibiotik yang mereka uji, mengonsumsi antibiotik dengan teh hijau meningkatkan kerja antibiotik tersebut, serta mengurangi resistensi bakteri. Untuk kasus tertentu, teh hijau dengan konsentrasi rendah sekalipun tetap lebih efektif.

“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kita perlu memikirkan secara serius produk natural yang kita konsumsi setiap hari,” lanjut Kaseem. “Di masa mendatang, kita akan meneliti produk tumbuhan natural lainnya untuk melihat apakah mereka juga mempunyai bahan aktif yang dapat membantu melawan bakteri yang resisten terhadap antibiotika.

0 comments:

Post a Comment

 
Minima 4 coloum Blogger http://www.layanankita.blogspot.com/.