Friday, September 11, 2009

Feri Tenggelam di Filipina, Puluhan Orang Hilang



Kecelakaan di laut terjadi perairan Filipina. Kapal penyeberangan Superferry 9 tenggelam di dekat Kota Zamboanga, Ahad (6/9) dini hari waktu Filipina. Menurut Penjaga Pantai Filipina, sedikitnya lima orang meninggal, namun 900 lainnya diselamatkan. Sejauh ini puluhan orang hilang setelah feri dengan penumpang lebih dari 960 orang itu tenggelam.

Menteri Pertahanan Filipina Gilberto Teodoro mengatakan kepada BBC, operasi penyelamatan didukung oleh cuaca yang baik. Ada sejumlah kapal di dekat lokasi saat keluar perintah untuk memberi bantuan. Hanya saja, belum diketahui secara jelas penyebab karamnya feri tersebut.

Pemilik kapal Superferry 9 mengatakan lebih dari 800 orang telah diselamatkan, namun tiga orang meninggal dunia dan lebih dari 80 lainnya masih hilang. Kapal tersebut berlayar di Semenanjung Zamboanga sebelah selatan ketika mulai miring. Kapal kemudian mengirimkan sinyal bahaya. Tak lama kemudian, polisi air dari Angkatan Laut, Angkatan Udara Filipina serta kapal-kapal pribadi menuju lokasi untuk memberikan bantuan.

Superferry 9 dikabarkan mengangkut 847 penumpang dan 117 awak kapal, ditambah dengan empat pengawal laut dalam perjalanan General Santos ke Ilioilo. Pernyataan yang dimuat di situs Superferry.com, menyebutkan kapal mulai miring ke arah kanan pada pukul 02.30 waktu setempat.

Seperti dilansir Superferry.com, para penumpang diperintahkan untuk mengenakan jaket pelampung, sementara kapten kapal berusaha memulihkan posisi kapal. Ketika kapten memutuskan kecondongan kapal itu tidak bisa dikembalikan, maka dia mengeluarkan perintah untuk meninggalkan kapal, dan sekoci kemudian diturunkan.

Sejumlah pejabat mengatakan orang-orang yang berhasil diselamatkan kemudian dipindahkan ke kapal milik Angkatan Laut, dua kapal sipil yang berada di dekat lokasi dan sejumlah perahu yang menuju lokasi setelah menerima sinyal bahaya.

Angkatan Udara dan Angkatan Darat Filipina telah mengirimkan helikopter untuk membantu pencarian. Laksamana Wilfredo Tamayo dari Penjaga Pantai Filipina, mengatakan pihaknya berharap para penumpang yang masih hilang telah diselamatkan oleh kapal-kapal lain.

0 comments:

Post a Comment

 
Minima 4 coloum Blogger http://www.layanankita.blogspot.com/.