Saturday, October 17, 2009

Perkiraan Susunan 16 Pos Menteri KIB II

Perkiraan Susunan 16 Pos Menteri KIB II

Sebanyak 16 calon menteri dipanggil presiden dan wapres terpilih, SBY-Boediono, Sabtu (17/10/2009). Mereka menjalani fit and proper test di depan SBY-Boediono. Seusai audisi, ke-16 calon menteri hanya menyampaikan materi diskusi dengan SBY-Boediono.

Audisi itu dimulai sejak pukul 08.00 WIB di kediaman SBY di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor. Audisi berakhir sekitar pukul 20.30 WIB.

Dari pengakuan 16 calon menteri itu, berikut perkiraan susunan sementara 16 pos menteri di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II.

1. Menko Polhukam: Djoko Suyanto
2. Menko Perekonomian: Hatta Rajasa
3. Menko Kesra: Agung Laksono
4. Mensesneg: Sudi Silalahi
5. Mendagri: Gamawan Fauzi
6. Menkeu: Sri Mulyani
7. Mendag: Mari Elka Pangestu
8. Mendiknas: Mohammad Nuh
9. Mensos: Suryadharma Ali
10. Menkominfo: Tifatul Sembiring
11. Menneg PPN/Kepala Bappenas: Syarif Hasan
12. Kepala BIN: Jenderal (Purn) Sutanto
13. Menneg Pora: Andi Mallarangeng
14. Menneg PDT: Salim Segaf Al Jufri
15. Menbudpar: Jero Wacik
16. Menakertrans: Muhaimin Iskandar

Sebenarnya, ada calon menteri yang menyampaikan materi diskusi dengan jelas, namun sebagian menyampaikan materi yang masih belum terlalu jelas. Mantan Kapolri Jenderal Pol Sutanto, misalnya. Dari keterangan yang ia sampaikan, ada dua posisi yang berhubungan: Menteri Pertahanan atau Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Gamawan Fauzi, Gubernur Sumatera Barat, juga senada. Ada dua pos yang sangat mungkin akan dipercayakan kepada Gamawan: Mendagri atau Menneg Pemberdayaan Aparatur Negara (Menneg PAN).

Sedangkan Kuntoro Mangkusubroto yang disebut-sebut juga sebagai calon menteri, juga terlihat datang ke Cikeas. Namun, Kuntoro belum melakukan audisi. Dia datang sebagai tim perumus kontrak kinerja kabinet SBY-Boediono. Kuntoro akan kembali ke Cikeas pada Minggu (18/10/2009) sebagai calon menteri. Dia disebut-sebut sebagai calon Menteri ESDM.

Ke-16 Calon menteri ini akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Jakarta pada Minggu (18/10/2009). Di saat yang sama, sekitar 18 calon menteri lainnya akan menjalani audisi di kediaman SBY.

0 comments:

Post a Comment

 
Minima 4 coloum Blogger http://www.layanankita.blogspot.com/.